Translate

Selasa, 02 Desember 2014

Cara membuat gantungan kunci




alat dan bahan:
1. resin dan katalis ( dapatkan di toko kimia )
2. cetakan ( bisa tupperware, cetakan kue, atau bila ingin membuat betuk yang berbeda bisa di buat menggunakan sillicon ruber RTV)
3. isian( bisa menggunakan manik2 , serangga yang telah di awetkan , kerang kerangan dll )
4. wax/semir ( ini optional saja , di gunakan untuk melapisi cetakan agar hasil cetakan tidak lengket)
5. wadah untuk mencampur resin dan katalis( agar campuran bening sebaiknya wadah menggunakan yang standar untuk bahan kimia)
masker ( karena pencampuran resin akan menimbulkan bau yang menyengat)

proses pembuatan:
1.pertama kita buat campuran untuk lapisan pertama ..campur resin dan katalis di dalam wadah dengan perbandinga resin 10:1 katalis..aduk hingga merata ( ketika di aduk campuran menjadi keruh , itu normal karena katalis sedang bekerja) ..setelah di aduk rata kemudian diamkan sebentar hingga gelembung 2 hilang..setekah gelembung hilang tuangkan dalam cetakan
Proses pencampuran resin dengan katalis (10:1) Setelah resin dan katalis dicampur dan diaduk, akan muncul gelembung udara.
2. tunggu hingga campuran dalam cetakan berubah menjadi seperti gel..setelah campuran pertama seperti gel , segera buat campuran yang kedua dengan cara yang sama ..siapkan pula bahan isian..
3. agar nantinya tidak muncul gelembung disekitar bahan isian ketika sudah jadi , lumuri bahan isian dengan campuran yang ke 2..kemudian masukan pada campuran pertama dilanjutkan dengan campuran ke 2..proses selesai tinggal menunggu keras..
Cara meletakan isian
4. beri lubang untuk gantungan kunci ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar