Translate

Kamis, 04 Desember 2014

Cara membuat empek-empek

Pempek adalah salah satu makanan khas berasal dari Palembang yang banyak disukai oleh hampir seluruh orang di Indonesia. Resep pempek Palembang sendiri cara membuatnya memang tergolong agak rumit.
Karena bahan yang dibutuhkan beberapa macam. Dan proses membuatnya pun juga membutuhkan beberapa tahap. Akan tetapi, bahan yang dibutuhkan meskipun banyak namun mudah ditemukan di pasaran.

Cara Membuat Pempek Palembang

resep-pempek-palembang
Adapun beberapa bahan dan cara membuatnya adalah sebagai berikut.
Bahan:
- 1 kg ikan belida yang sudah digiling. Bisa diganti dengan ikan tenggiri atau ikan gabus.
- 1,5 kg tepung sagu kualitas baik
- 1 bungkus bumbu penyedap
- 1 gelas air es matang
- garam secukupnya
Cara membuat:
1. Pertama, siapkan air yang direbus dengan ditambah 2 sendok makan minyak goreng.
2. Lalu campurkan ikan yang sudah digiling tadi dengan air es. Tambahkan garam dan bumbu penyedap. Aduk sampai tercampur dengan rata.
3. Tambahkan tepung sagu secukupnya ke dalam adonan yang telah tercampur dengan rata tadi. Aduk hingga adonan menjadi kental dan bisa diuleni dan tidak lengket. Banyaknya sagu yang dimasukkan tergantung dari tingkat kekenyalan yang diinginkan. Supaya rasa ikan lebih terasa, jangan terlalu banyak memasukkan sagu ke adonan.
4. Untuk membentuk adonannya, tangan dilumuri sedikit tepung supaya tidak lengket. Lalu bentuk adonan sesuai dengan selera. Bisa dibuat bentul lonjong atau diisi dengan telur.
5. Setelah itu rebus adonan yang sudah dibentuk tadi ke dalam air yang direbus dengan minyak goreng. Rebus sampai adonan mengapung. Angkat, dan tiriskan.
Bahan untuk cuka resep pempek Palembang:
- 250 gram gula aren
- 50 gram air asam jawa
- 200 gram bawang putih, kupas dan dicincang halus
- 2 sendok makan ebi, haluskan
- 1 liter air minum
- 15 biji cabai rawit yang sudah dihaluskan
- garam secukupnya
Cara membuat cuka:
1. Campur gula aren dan juga air asam jawa ke dalam air. Lalu rebus sampai mendidih.
2. Campur bawang putih, ebi, cabai rawit yang sudah dihaluskan, dan juga garam secukupnya ke dalam rebusan gula aren dan asam jawa. Rebus sampai mendidih.
3. Setelah mendidih, angkat dan tiriskan.
Tingkat kepedasan tergantung dengan selera. Jika anda ingin lebih pedas, bisa ditambahkan lagi cabai rawitnya. Untuk penyajiannya, pempek tadi yang sudah jadi dipotong-potong sesuai selera. Sajikan di piring dan siram dengan cuka tadi. Anda bisa menambahkan potongan ketimun. Pempek Palembang ini lebih sedapt disantap saat masih hangat. Demikian resep pempek Palembang.Selamat mencoba.

INGET ORANG JUJUR YANG BAKAL PUNYA RESEP OTAK YG ENAK!!!NO Pengawet...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar