Translate

Kamis, 04 Desember 2014

Cara membuat kue pancong khas Depok

Kue pancong adalah kue yang tergolong unik, karena saat kuenya sudah matang, diangkat dengan spatula yang terbuat dari batang besi tipis yang di bengkokkan seperti kail ikan. Kue ini berbahan baku tepung terigu, air, gula, dan resep rahasia khas warung kue pancong ini (Nyunyu gak dikasih tau. Hiks). Nah, ini dia penampakannya
Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
3 butir telur (kalau bisa kuningnya)
100 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
200 gram tepung terigu
1 sendok teh baking powder
125 ml air soda tawar
2 sendok makan margarin, dilelehkan

Cara membuat:
  1. Kocok telur, gula, dan garam sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan bergantian denga air soda tawar.
  2. Masukkan margarin. Kocok rata.
  3. Tuang ke dalam cetakan kue pancong yang sudah dipanaskan dan dioles margarin. Taburkan wijen.
  4. Tutup dan biarkan sampai mengembang. Angkat.
Untuk 35 buah


Cara pembuatan kue pancong ini hampir sama kayak pembuatan kue pancong lainnya. Pertama aduk-aduk adonan kuenya sampai dirasa gak terlalu encer dan terlalu lembek, lalu dituang pelan-pelan ke cetakan kuenya. Kemudian setelah matang, angkat kue pancongnya dengan hati-hati supaya gak hancur. Kata si mang Kumis, pas di angkat, si kue pancongnya suka meringis kesakitan, “Bang, pelan-pelan ngangkatnya, aku rapuh, Baaang.”
Ini dia kue pancongnya.


Penyajian kue pancong ini pun bisa berbeda, tergantung selera. Biasanya kue pancong disajikan saat matang, tapi kamu bisa mesen kue pancong yang masih setengah matang kok. Ketika kamu gigit kuenya, adonan setengah matang yang terdapat di dalam permukaan kuenya meleleh di lidah. Yummy

Rasa:
Ada dua jenis kue pancong disana, kue pancong original (polos gak ditambahin apa-apa), dan kue pancong dengan tambahan varian rasa. Oh iya,tekstur kue pancong nya sangat lembut,. Untuk kue pancong dengan varian rasa, seperti ditambah keju dan meises kayak yang Nyunyu cobain, ada sensasi manis dan gurih dari meises dan keju. Rasa manis  kue, meises, dan gurihnya taburan keju sangat pas, jadi ketika ngunyah kuenya lidah terasa dimanja, gak terlalu manis sampai kamu gigi sakit atau diabetes, dan gak terlalu gurih sampai kamu nyengir-nyengir.


1 komentar: